Paling Dilihat

Teorema Thevenin: Cara Menyelesaikan Teori Thevenin Dengan Simple

Post a Comment
Teknik listrik di SMK semakin meningkat. Memang semakin tinggi tingkatnya, kita seharusnya semakin meningkat. Waktu di SMP dulu, menganalisa rangkaian listrik hanya sampai pada kaidah rangkaian seri dan parallel kan? Kalau seri, nilai hambatan penggantinya di tambah, kalau parallel nilai hambatan penggantinya adalah jumlah ke seluruh nilai hambatan yang berbanding terbalik. Masih ingat kan? Coba ingat-ingat lagi. Buka catatan SMP kalian, karena itu penting untuk Teori Thevenin ini, juga Teori-teori yang lain.

Berikut ini adalah cara menyelesaikan teori thevenin.

1. Beban dilepas
Beban yang ingin dihitung kuat arusnya dilepas. Di sini gue tulis RL
R3 dan RL terbebas dari rangkaian


2. Mencari tegangan sumber tanpa beban
dengan cara:
a. Dengan menggunakan kaidah rangkaian seri dan parallel secara bergantian, dicari resistansi total, sehingga tersisa satu resistansi pengganti saja.





b. Dengan menggunakan hukum Ohm, Kirchoff arus, Kirchoff tegangan, dicari arus tegangan dari setiap rangkaian tersebut. sehingga sampai pada pencarian resistor terakhir. Langkah ini mencari Tegangan Thevenin atau E Th.
Rumusnya seperti ini :

I sumber= V/Rs2
I R1= I sumber
V R1= I R1.R1
V R4= E-V R1
dan sebagainya dan selanjutnya sampai pencarian resistor terakhir dan mendapatkan Tegangan Terakhir atau E Th

3. Mencari resistansi sumber dengan cara:
a. Menghubung singkatkan sumber tegangan dan meninggalkan resistansi yang ada dalam sumber.
Maksudnya, setelah kalian mencari jumlah nilai pengganti, kalian pasang lagi resistansi pengganti tersebut dalam rangkaian. Gue gambarkan dengan warna merah.





b. Dengan menggunakan hukum Ohm, Kirchoff arus, Kirchoff tegangan, dicari arus tegangan dari setiap rangkaian tersebut. sehingga hanya tersisa satu resistansi pengganti saja atau di sebut R Thevenin/R Th

4. Beban dipasang kembali
Dengan memasang bban kembali, tersisa hanya beban dan R Th.


5. Terakhir, mencari besaran tertentu pada beban
Kita dapat mencari kuat arus pada RL, misanya. Tinggal memasukkannya ke dalam rumus.

Singkatnya, teori thevenin hanya terbagi menjadi 3 tahap. Mencari E Th, mencari R Th, kemudian mencari besaran tertentu pada beban. Simple kan? Yang mungkin kalian kurang paham adalah langkah 2a. itu beban di pasang kembali aja. Lihat gambar dan pahami.

Baca Juga Yang Lain: yaa


Terima kasih!

Sama-sama!

Related Posts

Post a Comment