Paling Dilihat

Rangkaian Charger HP ala SMTI Paling Sederhana!

Post a Comment
Internet menyimpan banyak sekali informasi bermanfaat untuk kita. Walaupun hanya di surface web, internet telah dapat mendukung proses belajar kita. Banyak sekali materi pelajaran sekolah di internet. Kalaupun tidak ada versi bahasa Indonesianya, coba saja cari versi bahasa lainnya. Google saat ini telah mendukung web translation, kok.

Yang aku sayangkan dari internet saat ini adalah para guru yang merasa dimudahkan dengan adanya internet membuat ia dalam tanda kutip malas sekali untuk memberikan ilmunya. Pasti dia jawab: "Cari di internet lee.."

Soal Plus Minus USB Port ini juga. Guruku tidak memberikan pengetahuan hal sepele begini. Memang benar sih, menyuruh siswanya mencari sendiri supaya belajar mandiri. Namun problem setelah kita menemukan jawabannya di internet, sebagai awam pun merasa kurang yakin. Oleh karena itu dibutuhkan penjelas oleh guru.

Ini dia PLUS MINUS USB PORT: 

Aku nggak tanya guru, aku sudah trial and error sendiri.

Waktu itu, ada project akhir semester untuk pelajaran Teknik Elektronika. Proyeknya: Bikin charger. Ya, mudah sekali. Namun kenyataannya, hari pertama saja sudah kesulitan... 

Gimana sih charger bekerja?

Charger HP cara kerjanya sangatlah sederhana. Hanya mengubah tegangan listrik AC ke DC. Biasanya, output dari charger hp adalah 5V/ 1 ampere.

Dengan dasar teori di atas, aku coba rangkaian power supply paling sederhana.

Pertama.

Listrik AC dari trafo step down ke 9V AC di searahkan dengan FullBridgeRectifier. Full bridge sendiri terdiri dari 4 dioda yang disusun sedemikian rupa. Namun kalau kalian beli di toko elektro, bentuknya cuma satu dengan 4 kaki.


Kedua.

Perhalus riak gelombang dengan memberikan kapasitor. Nilai dari kapasitor ini nggak ku hitung. Yah, aku tipe bomat sama gelombang listrik yang nggak keliatan, yaudah kasih aja 100uF sama 1000uF. Itu pun aku dapat dari lab. Muehehee..

Ketiga.

Pasang IC LM7805 pada rangkaian setelah kapasitor pertama (100uF). IC 7805 ini adalah regulator tegangan. Mengubah dari 9V DC ke 5V DC karena nama IC nya 78"05 (5 ini indikator outputnya)" (ada juga yg lain).

Keempat.

Ambil kabel USB, pasang secara parallel pada kutub plus kapasitor sebagai kutub plus USB dan kutub negatif kapasitor sebagai kutub negatif USB.

skemanya kaya gini

Coba deh.
Udah dicoba dan berhasil :) pertanyaan berikutnya adalah, berapa ampere tuh? Tergantung elu beli trafo nya berapa ampere! Beli yang 1 ampere ya kurang lebih keluar segitu.

Kok pas diukur nggak keluar amperenya? Ya ngukurnya, PAS NGE-CHARGE!. Kalo ngga nge-charge lu ukur ampere nya ya nggak bakal keluar.

Kesimpulan

Charger hp ini nggak direkomendasiin buat nge charge hape :v muehehe.. Memang bisa buat ngecharge, tapi kalau gelombang nya dilihat, pasti masih banyak ripple disana sini (nggak halus). Juga, kalau kalian buat ngecharge selama semenit saja, pasti IC 7805 nya kepanasan :v karena ICnya langsung kena daya (langsung lewat).

Yah, namanya aja project sekolah, asal jadi. Muehehe..

Tq

Related Posts

Post a Comment