Paling Dilihat

Apa Itu Mekatronika?

1 comment
Mekatronika adalah sebuah disiplin imu yang mensinergikan antara ilmu Mekanika, Elektronika, dan Informatika.

Istilah Mechatronik (Mechanical Engineering-Electronic Engineering) pertama kali dikenalkan pada tahun 1969 oleh perusahaan jepang Yaskawa Electric Cooperation. Awalnya berkembang dalam bidang Feinwerktechnik, yaitu cabang dari teknik yang mengedepankan aspek ketelitian. Misalnya pada pembuatan jam, alat optik dan sebagainya. Lalu ditambahkan setelah munculnya Informatik sebagai disiplin ilmu baru.


Untuk lebih memahaminya, kita tinggal meliat pada diagram. semua dari ilmu tersebut saling berkaitan satu sama lain sehingga terbentuk ilmu yang kompleks yaitu Mekatronika.

jelek banget gambarnya :v iyalah, gambar sendiri
note : mungkin bagi kalian yang searching di google tentang mekatronika akan menjumpai gambar seperti ini


Hingga saat ini, Mekatronika dianggap sebagai hubungan antara ilmu mekanika, elektronika dan informatika. Saat ini, banyak kegiatan atau aktifitas yang memakai Mekatronika sebagai ilmu peganganya. Apabila hanya satu saja bidang ditekuni, memang akan lebih mendalami bidang tersebut.

Missal saja, seseorang menekuni bidang elektronika, pastilah ia mendapatkan ilmu ilmu yang lebih mendalam pada bidang elektronika. Berbeda dengan Mekatronika. Mekatronika tetap akan mendapatkan pelajaran di bidang elektronika, sekaligus dengan mekaniknya dan sistem kendalinya.

Ilmu ini memang lebih kompleks dibanding ilmu-ilmu yang lain. Sudah sangat mengkin bahwa ilmu ini akan dibutuhkan kedepannya. Kita tidak lagi mengandalkan seseorang pada bidang tertentu, namun hanya dengan berbekal ilmu yang kompleks ini diharapkan menjadikan suatu aktifitas lebih efisien.

Namun, tidak bisa dipungkiri lagi, Mekatronika tetap membutuhkan seseorang yang ahli pada satu bidang tersebut. walaupun seorang Mekatronika dapat menguasai beberapa bidang, kapasitas dan minat setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu, seseorang yang belajar Mekatronika tetap akan meminati pada satu bidang saja dalam ilmu tersebut. seorang ahli pada bidang tertentu dibutuhkan untuk mendampingi kegiatan belajar dalam Mekatronika.

Kemudian, Mekatronika menjadi Teknik Mekatronika. Teknik bisa juga disebut sebagai langkah-langkah, metode untuk memecahkan suatu permasalahan. Seorang teknisi dituntut untuk bisa memecahkan masalah pada bidang yang ia tekuni.

Teknik Mekatronika diharapkan dapat memecahkan masalah dalam kegiatan manufaktur. Proses industri saat ini telah banyak yang beralih menggunakan mesin. Dibandingkan dengan tenga manusia, mesin lebih teliti, presisi dan tidak kenal Lelah. Selain itu mesin juga mudah dikendalikan, nggak kayak manusia.

Sebuah mesin pastilah terdiri dari mekanik sebagai kegiatan mesin, biasanya dikenal sebagai otomatisnya. Lalu sistem daya, aduh ini apa ya nyebutnya. Ini yang berhubungan denan kelistrikannya atau elektroniknya juga sistem kendali yang membutuhkan informasi mengenai mesin tersebut.

Mekatronika akan dapat menguasai keseluruhan dari suatu mesin tersebut. diharapkan si SMTI ini, kita nggak jenuh-jenuh mempelajari banyak ilmu sekaligus.


Dikutip dari Sumber : id.wikipedia.org/wiki/Mekatronika

Related Posts

1 comment

Post a Comment