Paling Dilihat

Soal 4M Diagram Fishbone

Post a Comment
Soal K3. Diambil dari website :

hse.vaproindonesia.com/articlesviewid-4-sumber-pembelajaran-yang-modern-stateoftheart.html

Adi dan Agung bekerja untuk suatu perusahaan kimia. Tugas mereka adalah untuk mengganti suatu bagian dari pipa di luar ruangan. Untuk dapat melakukannya, mereka harus menyiram dan mengeringkan pipanya, dan memutuskan hubungan bagian tersebut. Proses produksi tidak boleh terganggu terlalu lama, sehingga pekerjaan tersebut harus selesai hari itu juga.

Pengawas mereka berpikir bahwa hal itu memungkinkan. Karenanya, mereka mulai mengerjakannya pagi-pagi sekali. Sayangnya, curah angin dan hujan tidak mereka perhitungkan. Mereka sudah siap bekerja, tetapi kemudian crane yang dibutuhkan masih belum juga sampai. Mereka meminta Heru untuk menggunakan truk forklift-nya untuk mengangkat bagian pipa yang akan dipindahkan. Sebenarnya hal ini tidak diizinkan, karena truk forklift hanya boleh digunakan semata-mata untuk mengangkut tumpukan barang. 

Namun, pekerjaan ini harus diselesaikan hari itu juga. Dan juga, mereka sudah pernah melakukan tindakan ini sebelumnya, dan selalu berhasil.

Adi dan Agung memanjat batang penyangga dengan cepat  untuk mulai bekerja. Namun, dengan adanya angin yang menghembus, pelaksanaannya menjadi agak sulit.

Pengawas mereka berpikir bahwa alat pelindung bila mereka jatuh tidak dibutuhkan, dia pikir hal-hal tersebut terlalu berlebihan dan terlalu merepotkan karena tidak dibutuhkan. Tetapi, disaat yang bersamaan, mereka juga berpikir bahwa bekerja tanpa alat pelindung merupakan tindakan yang berbahaya dengan adanya hembusan keras angin disekitarnya.

Dan persis ketika mereka membutuhkan pengawas mereka, pengawas tersebut sudah menghilang. Akan terlalu banyak waktu yang terbuang bila harus pergi mencarinya. Jadi mereka memutuskan untuk bekerja secara ektra hati-hati. 

Kenyataannya, batang penyangga yang digunakan terlalu rendah. Akhirnya, Adi harus merenggangkan tubuhnya untuk dapat melepaskan baut-baut pipa, dan dia tidak dapat mengerahkan seluruh kekuatannya. Dan juga, lampu inspeksi menyala tepat didepan mukanya, dan dia tidak dapat selalu melihat apa yang sedang dia lakukan. Lalu, ditambahkan lagi dengan hembusan angin yang keras, dan selama beberapa waktu, Adi merasa takut bila dia sampai terjatuh. 

Adi telah melepaskan baut yang terakhir, dan dia melangkah untuk kembali menjejakkan kakinya di batang penyangga. Ketika Adi melepaskan baut yang terakhir, dia terkena lagi hembusan angin yang keras. Dia kehilangan keseimbangannya, dan terjatuh.

Nyatakan penyebab-penyebab keadaan tersebut kedalam diagram Fishbone 4 M!

Untuk menyatakan penyebab keadaan tersebut dalam diagram fishbone, yang harus dilakukan pertama kali adalah me-list seluruh kejadian yang ada/menjadi sebabnya.

Kemudian, dari daftar penyebab itu dikelompokkan menurut kelompoknya masing-masing.

Kejadian-kejadainya=

1. Sistem pengawasan yang kurang baik.
2. Perencanaan perbaikan yang kurang baik.
3. Cuaca yang tidak mendukung.
4. Tidak memakai APD.
5. Tidak ada izin memakai forklift.
6. Memanjat di batang penyangga.
7. Batang penyangga yang rendah.
8. Pandangan yang terganggu oleh sinar lampu inspeksi.
9. Crane yang tidak ada pada waktunya.

Dari penyebab-penyebab di atas, kita bisa kelompokkan menurut diagram fishbone yaitu:

A. Material
B. Metode
C. Mesin
D. Manusia

Tentuin sendiri laaaah.... Masa ngga mau usaha :v :V

Related Posts

Post a Comment