Sistem kontrol pneumatik adalah kendali aktuator menggunakan udara bertekanan. Perbedaan mendas…
Unsur dan Bagian Surat Lamaran Pekerjaan
Isi dari surat lamaran pekerjaan sendiri meliputi:
• Identitas diri
• Jasa yang diberikan > posisi yang diinginkan
• Kualifikasi pelamar > Pendidikan, kecakapan, pengalaman, persyaratan atau keemampuan
Penulisan surat lamaran, walaupun bersifat pribadi namun tetap memiliki aturan:
• Sudah ada standarnya
• Bahasa baik dan benar
• Kata pengantar yang jelas, padat dan informatif
• Rapi dan sesuai PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) gantinya EYD
• Tata letak, unsur surat, benar
• Tanda baca tepat
• Bahasa formal
• Mampu mempromosikan diri
Bagian dari surat lamaran terdiri dari:
1. Surat permohonan
2. Daftar riwayat hidup
a. Identitas diri
b. Pedidikan formal (SD SMP SMA)
c. Pendidikan nonformal (kursus, pelatihan)
d. Pengalaman bekerja
e. Prestasi yang relevan
Jenis dari surat lamaran ada dua yaitu:
a. Surat lamaran gabungan. Yang berarti, CV dan surat lamarannya menjadi satu.
b. Surat lamaran terpisah. CV (curriculum vitae) dan surat lamaran terpisah.
Berdasarkan sumber surat lamaran, yang biasanya dituliskan dalam pembukaan surat lamaran, biasanya bersumber dari:
1. Iklan
2. Pengumuman resmi
3. Informasi seseorang yang kredibel
4. Permintaan instansi
5. Spekulasi atau inisiatif pribadi
Nah, unsur dari surat lamaran adalah sebagai berikut:
a. Kata lampiran dan hal tidak disingkat
b. Tempat, tanggal menulis surat. Ditulis sejajar dengan kata Lampiran
c. Tujuan surat. Tidak menggunakan penyebutan jenis kelamin (bapak ibu) dan tidak menggunakan kata kepada.
d. Alamat surat
e. Salam pembuka
f. Alinea pembuka
g. Isi
h. Tanda tangan pelamar
Kesimpulan
Inti dari kita menulis surat lamaran pekerjaan adalah melatih kepercayaan diri kita dan yang pasti meyakinkan lembaga atau perusahaan terhadap diri kita 😊
Tq
Post a Comment
Post a Comment