Paling Dilihat

Apa Itu HTML? Apa Itu CSS? Bahasa Pemrograman Web

Post a Comment
Saat mengunjungi sebuah blog, contohnya saja blog gue ini, pada link akhir blog akan tertulis .html

Apa sih maksudnya?

Aku mengambil pengertian dasarnya dulu dari Wikipedia:

Hypertext Markup Language (HTML) adalah bahasa markup standar untuk membuat halaman web dan aplikasi web. Dengan Cascading Style Sheets (CSS) dan JavaScript, ia membentuk tiga serangkai teknologi landasan untuk World Wide Web. Browser web menerima dokumen HTML dari server web atau dari penyimpanan lokal dan menjadikannya ke dalam halaman web multimedia. HTML menggambarkan struktur halaman web secara semantis dan awalnya menyertakan isyarat untuk tampilan dokumen.

Secera mudahnya akan coba gue jelaskan :v udah kayak tutor belum?

1. HTML

Memiliki kepanjangan Hypertext Markup Language yang menjadi bahasa pemrograman web. Saat mengunjungi sebuah situs, sebenarnya kalian menggunduh sebuah file .html Contoh file HTML paling sederhana adalah seperti ini:

Coba praktekkan!

Copy paste atau ketik lah, ketik aja! :v nggak-nggak, gue nggak maksa. Simpan kode tersebut. Sebelum menyimpan ubah ekstensi file nya menjadi .html Kemudian jalankan di browser kalian. Lihat apa yang terjadi! Ya itulah yang kita download selama ini saat mengunjungi sebuah halaman web.

2. CSS

Cascading Style Sheets (CSS) adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk menggambarkan presentasi dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Meskipun paling sering digunakan untuk mengatur gaya visual halaman web dan antarmuka pengguna yang ditulis dalam HTML dan XHTML, bahasa tersebut dapat diterapkan pada dokumen XML manapun, termasuk XML biasa, SVG dan XUL, dan berlaku untuk rendering dalam pidato, atau pada lainnya. media. Seiring dengan HTML dan JavaScript, CSS adalah teknologi dasar yang digunakan oleh sebagian besar situs web untuk membuat laman web yang menarik secara visual, antarmuka pengguna untuk aplikasi web, dan antarmuka pengguna untuk banyak aplikasi seluler.
dari Wikipedia

Untuk mudah mengingatnya, kita misalkan saja html adalah sebuah bangunan, nah css adalah dekorasinya. Misal kita melihat halaman sebuah web terlihat sangat colorful. Untuk memberikan warna pada html menggunakan bahasa pemrograman css.

3. JAVASCRIPT

Html adalah rumahnya, css dekorasinya, sedangkan javascript adalah tingkah laku bangunan tersebut. Maksud dari tingkah laku adalah, kalian pernah nonton film Harry Potter? (gue fans garis keras :V) Ada kan ketika tangga-tangga di Hogwarts berubah-ubah, itu kita misalkan javascriptnya.

Pengertian dasar kan? yaudah itu aja

kalian bisa belajar lebih lanjut di:





Semoga bermanfaat!

Related Posts

Post a Comment