Paling Dilihat

Cara Membuat Localhost

Post a Comment
Itu judul nggak niat banget -__-

Nggak apa-apa, yang penting isinya :)

Kali ini, kita akan belajar membuat komputer kita, atau laptop lah minimal, menjadi localserver. Apa tuh server?

Lain kali gue bahas mengenai itu.

Membuat computer kita menjadi localserver memiliki banyak manfaat. Misalkan kamu ingin membuat website, pasti kesusahan kalau ngoding di online file manager. Sehingga, kita buat aja file manager local.

1. Softwarenya?


Disini, aku memakai XAMPP. Software yang sangat powerful menurutku. Tinggal ketikkan di Google: xampp. Kunjungi websitenya, kalau nggak salah apache.org lalu download softwarenya. Xampp sih 32 bit ya? Terus, bagaimana dengan user 64 bit? Loh, btw, gue juga user 64bit. Install aja nggak apa-apa. It works!

2. Cara pakai?

Cara kerja sebuah web sederhana adalah: client mengunduh file index dari folder "htdocs". File index tersebut ditampilkan di browser. File index tersebut yang ditampilkan berdasarkan apa yang ditulis.

cek sendiri aja

Buka xampp, biasanya di folder C: (kalau di windows) kalau user OS lainnya, gw belum tau (intinya buka folder xampp\htdocs. Di folder "htdocs" tersebut file-file sebuah website disimpan.

3. Praktik

Pertama, kalian akan menjumpai banyak folder dan file didalam folder htdocs. Untuk memulai membangun sebuah halaman web, hapus saja seluruh file-file di dalam htdocs.

Kedua, bikin file index. Untuk contoh file index ada di tulisan sebelah, nih, Contoh File Index. Copy paste semua kodenya, simpan dengan ekstensi index.html. Letakkan di folder htdocs.

Kodenya bisa di ambil di --> Membuat file Index


Ketiga, jalankan Apache di control-panel xampp. Buka aplikasi XAMPP, klik start pada Apache.


Setelah langkah 1 dan 2 selesai, buka browser, ketikkan "localhost" tanpa tanda petik. Kalian akan melihat halaman web yang telah kalian tulis di file index.html

Keempat, biar kece atau keren, bisa ditambahakn file css atau menulisnya disematkan di file html.

Sebenarnya itu udah

Related Posts

Post a Comment