Paling Dilihat

Apa Itu Root di Android?

Post a Comment
Pernah mendengar root hp android? Mungkin denger dari temen yang sering utek-utek hpnya.

Root Android atau rooting Android merupakan proses modifikasi sistem operasi Android sehingga pengguna memiliki akses tanpa batas yang mana pengguna diijinkan untuk melakukan pengubahan seperti menambah, menghapus bahkan merusak elemen-elemen yang tedapat dalam Android OS.

Aktifitas rooting memang diperbolehkan dikarenakan sistem operasi Android bersifat open source alias sumber terbuka. Dengan kata lain setiap orang dapat berkontribusi untuk menjadi Android developer dan melakukan perubahan secara mutlak. Namun bagaimanapun aktifitas ini memiliki keuntungan dan kerugian terlebih jika user belum berpengalaman dalam hal tersebut.



Kata root sebenarnya mengacu pada superuser yang merupakan administrator dalam semua sistem operasi yang berbasis Linux termasuk Android. Akun adminisrator tersebut memiliki akses penuh terhadap sistem, dimana pengguna tersebut dapat melakukan hal apapun layaknya sang developer sejati. Dalam hal ini, aktifitas sekecil apapun yang merujuk pada pengubahan sistem operasi Android oleh root maka superuser tersebut dapat dikategorikan sebagai developer.

Rooting Android memang dapat dilakukan oleh siapa saja yang memiliki kemampuan tweaking terhadap sistem operasi Android. Namun hasil akhir aktifitas rooting yang dilakukan tergantung pada kemampuan pengguna untuk mengkustomisasi sistem dimana hasilnya dapat berupa peningkatan kinerja atau bahkan malfungsi. Dan berikut adalah beberapa kemungkinan yang bisa terjadi dari aktifitas rooting.

Apa itu tweaking?

Tweak adalah aktivitas seseorang yang melakukan sedikit perubahan untuk meningkatkan performa sebuah hardware atau software. Aktivitas ini bisa diibaratkan melakukan fine tuning sebuah produk agar memberikan kinerja yang terbaik sesuai harapan orang tersebut.

Secara sederhana sih, nge root itu hanya memberikan full permission pada pengguna hp tersebut. Pernahkah berfikir dimana sih folder suatu aplikasi yang sudah diinstal di storage hp? Aku sih bertanya-tanya hingga pada suatu saat, ketemu deh. letaknya di folder /data/data/ Disitulah folder aplikasi yang sudah diinstall.

Root akses dapat membuka folder tersebut dengan mudahnya dan punya akses penuh pada file-filenya.

Suatu file atau folder umumnya ada 3 permission ini : Write, Read, Execute.

Write: Pada file biasa, ini berarti file dapat di modifikasi (menambah, mengubah, menghapus, mengubah nama file dalam direktori).

Read: Pada file biasa, ini berarti file dapat di buka dan di baca. Jika pada sebuah direktori, berarti readers bisa melihat isi direktori tersebut.

Execute: Pada file biasa, ini berarti readers bisa menjalankan file sebagai program atau shell script. Pada sebuah direktori, execute (atau biasa di sebut ‘search bit’) memungkinkan readers untuk mengakses file dalam direktori misalnya : dengan perintah cd.

Sumber bahan: gaptequ.blogspot.com dengan sedikit modifikasi dari pengalaman

Terimakasih

Related Posts

Post a Comment