Paling Dilihat

Mengenal File autorun.inf Yang Tidak Bisa Dihapus

Post a Comment
Punya flashdisk? Sayang kan, kalau punya flashdisk, tapi kena virus. Kalau sering main ke warnet wajar aja kalau di FD nya banyak folder-folder nggak jelas.

Bagi kalian orang yang perfeksionis, ngelihat folder nggak jelas nangkring di flashdisk emang rasanya ingin langsung menghapusnya. Tapi sayang, terkadang ada satu file bernama autorun.inf yang ga bisa dihapus.

Nah loh!

Gimana hayo?

Dulu gue sempet panik dengan satu folder ini. Maklum. Gue beli flashdisk sekitar kelas 5 SD yang notabene belum tau lebih banyak mengenai ilmu-ilmu komputer.

Dulu sempat pas flashdisk baru itu gue colokin ke komputer kok tiba-tiba langsung ada satu file autorun.inf? Langsung, gue format / hapus seluruh file di FD tsb. Alhasil, emang ilang, tapi nongol lagi.

Sebenarnya apa sih folder autorun.inf itu?

Seperti namanya, sudah jelas bahwa auto - run yang berarti otomatis berjalan sendiri. Di dalam file autorun.inf tersebut, ada perintah yang menyuruh untuk menjalankan suatu program ketika flashdisk langsung dicolokkan.

Manfaatnya? 

Manfaat dari file autorun.inf  ini adalah ketika flashdisk dicolokkan, langsung akan membuka aplikasi yang diinginkan, misal Ms. Word. dan lain lain.

Kekurangannya?

Yang namanya auto itu kadang menyebalkan juga. Kekurangan dari file autorun ini biasanya dimanfaatkan oleh pembuat virus untuk langsung menjalankan programnya ketika flashdisk ditancapkan. 

Asalnya dari mana, si Autorun.inf ini?

Kalau punya flashdisk baru, biasanya sih nggak ada. Namun, kalau antivirus kalian Smadav (biasanya) langsung ditanya, "mau pengebalan flashdisk?" dengan begitu, si smadav akan menggenerate file autorun.inf tersebut.

Kenapa tidak bisa dihapus?

Sebenarnya bisa. Kasus nggak bisa dihapusnya file tersebut mungkin karena hal di atas, antivirus kita membuat lagi file autorun lagi.

Kesimpulan.

Sebenarnya nggak berbahaya, saat ini antivirus bawaan komputer sudah bisa menghandle virus berasal dari file autorun ini.

Tq

Related Posts

Post a Comment