Paling Dilihat

Belajar Dasar Bahasa Pemrograman C++

Post a Comment
Pemrograman C++

C++ merupaka salah satu bahasa pemrograman yang ada. Menurutku, Bahasa C++ adalah Bahasa yang mudah untuk dipahami dari tingkat noob, hingga mastah coder.


Untuk yang pertama kali melihat script Bahasa C++, yang paling banyak dilihat mungkin kata cout, void, int. kita akan bahas itu nanti. Bagi yang baru belajar C++, pastikan kalain tau buat apa sih C++ itu? Buat maen CLI biar kayak heker? Nggak lah.

Bagi yang mempelajari pemrograman mikrokontroler, biasanya sih menggunakan ini sebagai bahasanya. Jadi yang suka maenan Arduino atau jenis mikrokontroler lain, biasanya memakai Bahasa C++ ini.

Ini adalah sejarah Bahasa C++ yang aku kutip dari Wikipedia :
C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh Bjarne Stroustrup, yang merupakan perkembangan dari bahasa C dikembangkan di Bong Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu B, Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix, Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan, Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded, Bjarne Stroustrup pada Bel labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an. Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding).Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading.Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming).

Jadi, Bahasa pendahulu C adalah B. dari C ada C++.

Langsung saja, aku berikan contoh sederhana script Bahasa C++ :

Note: bagi kalian yang ingin belajar Bahasa pemrograman apapun, cobalah untuk menulis atau membuat skrip Hello World. Dengan itu, kita dapat mengetahui dasar dari Bahasa pemrograman tersebut.



Keterangan :

1.       #include <iostream>

Ini adalah header dari Bahasa C++. Memungkinkan untuk meemberikan fungsi cout.

2.       using namespace std;

Ini sunnah sih. Untuk pengguna Borland, perintah ini dapat diabaikan. Kalaupun tidak menggunakan perintah ini, bisa diganti dengan perintah :

                std::cout <<Hello World

3.       int main()

Ini berfungsi sebagai fungsi utama. Int atau integer atau bilangan bulat.

4.       Kurung kurawal

Pada permulaan dan akhir program selalu diberikan tanda kurung kurawal

5.      cout
Itu bacanya bukan membaca cout mentah mentah, tapi, C-out. Ada lagi, cin. Bukan dibaca cin tapi C-in.

6.       return 0

Berfungsi untuk mengembalikan semua nilai menjadi 0.

Note: disetiap baris perintah selalu diakhiri dengan tanda titik koma (;)

Outputnya akan terlihat seperti ini :



Mudah bukan? Satu lagi yang sangat penting, bahasa C++ ini sangat case sensitif. Jadi bedakan antara Annas dengan annas. Thanks

sumber kutipan : 


Related Posts

Post a Comment