Paling Dilihat

Program Penghitung Luas dan Keliling Segitiga dan Persegi Panjang C++

Post a Comment

Setelah kalian mencoba program helloworld dengan C++ kemaren, kita lanjutkan dengan membuat program yang sederhana yaitu membuat program penghitung luas segitiga.


Dalam C++ kita harus faham juga mengenai variable dalam matematika. Contoh : 2x---- 2 adalah koefisien, dan x adalah variable. Variable inilah yang akan menentukan berapa nilai 2x. x akan bernilai apabila sudah didefinisikan terlebih dahulu. Missal x=5, maka 2x=10.

Kita langsung saja melihat kode programnya.


ini kodenya


Abaikan baris nomor 7, aku lupa ngehapusnya.

Baris 9 à int maksudnya mendefinisikan (variable)luas, alas, keliling dengan bilangan bulat. Kalau menginginkan dengan bilangan decimal, kita tinggal mengganti int dengan float. Silahkan dicoba!

Baris 10,11 àpasti tau lah ya maksudnya cout. Maksudnya menampilkan teks yang berada di dalam tanda petik. Untuk cin, itu maksudnya adalah untuk mengambil sejumlah informasi dari user. cin>>alas; berarti meminta nilai untuk alas.

Baris 13 à nah, pada baris ini kita harus mendefinisikan luas. Luas itu apa sih? kata si C++, terus kita jawab, luas=alas*tinggi/2
Simple bukan?

Baris 15 à bermaksud untuk menampilkan kata Luas : dan nilai dari luas tersebut.

Lihatlah perbedaan penggunaan tanda petik pada baris tersebut.

Setelah didebug dan dirun, maka hasilnya akan terlihat seperti ini :

 
ini hasilnya


Kalian bisa mencoba program sederhana yang lain, seperti penghitung luas dan keliling persegi panjang. Untuk yang ingin membuatnya, coba lihat pada gambar di bawah.




selamat bereksperimen!

Related Posts

Post a Comment