Paling Dilihat

Aplikasi Untuk Belajar C++

Post a Comment
kalau di PC namanya Software yah?

Perlengkapan yang dibutuhkan untuk belajar C++ sangatlah mudah didapatkan. Perlengkapan ini disebut IDE atau Integrated Development Environment. Jadi, semuanya udah satu pack dalam IDE tersebut sih, tapi ya sesuaikan kebutuhan aja.

Perlengkapanya hanyalah text editor, bisa notepad atau apalah untuk menulis kode, dan compiler untuk menjalankan kode yang sudah ditulis. Namun, daripada punya satu-satu, mending yang satu pack saja bukan? Nah, IDE sudah mencakup itu semua.

Kalau yang sudah pernah membaca artikelku yang program-program sederhana itu, aku pakai CodeBlocks. Di lab. kalau nggak ganti memakai Borland. C++ memang memiliki banyak versi. Sesuaikan kebutuhan aja.

Dari berbagai versi yang ada, perbedaannya hanya sedikit. Namun sangat mudah untuk menyesuaikan versi yang ini dengan yang lain. Prinsip dari belajar Bahasa pemrogramman adalah trial and error. Jadi, setelah menulis kode, coba di-run, apabila ada kesalahan(error), perbaiki.

codeBlocks bisa kalian unduh di situs resminya. Aplikasi ini gratis karena C++ juga open source. Kalau sistem operasi yang dipakai Windows, pilih yang mingw. Sebelum mendownload, alangkah lebih baiknya baca-baca dulu di situs tersebut.

yang nggak punya PC, pakai aja computer di Perpustakaan, kalau nggak salah, di Perpus SMTI itu 32bit, tinggal pilih yang 32bit saat mau men-download. Banyak cara untuk belajar ilmu dunia, men. Nggak usah muluk-muluk punya laptop berspesifikasi gahar. Mentok-mentok nggak jadi belajar, eh, elu malah nge-game. kan malah mubadzir.

Berikut adalah penampakan CodeBlocks :

tampilan Awal
 kemudian :

lanjut
pilih create new project kalau ga salah
nah, dari gambar di atas, untuk belajar C++ pilih yang console aplications
tuh, pilih C++
semuanya siap gan. Di dalam kotak yang kecil, ada gambar gir yang berfungsi untuk mendebug kode yang kalian tulis. Entar log debug, misal ada error ana di kotak merah yang besar. Untuk me-run programnya pilih segitiga ijo. 

selamat, siap-siap dengan kotak dos mirip heker ala ala.

silakan baca: Belajar Dasar Pemrograman C++ untuk pemanasan :v







Related Posts

Post a Comment