Paling Dilihat

Cara Mudah Mengetahui Nilai Gelang Warna Resistor

1 comment
Reisistor adalah salah satu komponen elektronika pasif yang berfungsi untuk menghambat tegangan. Nilai hambatan tegangan (bersatuan OHM) memiliki nilai yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan.

Untuk mengetahui perbedaan nilai hambatan resistor, dibuatlah gelang warna yang dapat mewakili nilai hambatan resistor. Namun apabila gelang warna pada resistor sudah mengelupas, cara satu-satunya untuk mengetahui nilainya adalah dengan menggunakan multimeter.

Nilai yang diwakili oleh gelang warna pada resistor tidak selalu tepat pada saat kita mengeceknya dengan menggunakan multimeter. Oleh karena itu, ada satu gelang yang berfungsi menunjukkan nilai toleransi nilai suatu resistor.

Toleransi ini semakin kecil nilainya, maka semakin tepat pula nilai hambatannya. Biasanya reisitor seperti ini bisa dijumpai di Militer. Karena membutuhkan tingkat akurasi yang sangat tinggi.

Berikut adalah nilai warna suatu resistor.



Ada suatu jembatan keledai untuk mengahfalkan nilai ini yaitu dengan menyebut awalan dari warna.

HI CO ME O KU HI BI U A PU.

Ingat!! Kalau menggunakan jari pada saat mengucap hicomeokuhibiuapu ini, pertama kali menghitung adalah pada CO atau warna cokelat!

Namun, gw sarankan untuk menghafalkannya secara acak. Missal, merah itu 2, hijau itu 5 dsb. Karena dengan menghafalkan secara acak ini akan mudah mengingatnya. Namun jembatan keledai di atas bisa untuk alternative 😊

Untuk membacanya, gelang toleransi ada di sebelah kanan. Lalu kita lihat gelang di sebelah gelang toleransi, itulah gelang pengali.

Pengali adalah nilai dari 10 pangkat x atau 10^x

Contoh:


Posisikan gelang toleransi ada di sebelah kanan. Berarti, gelang Orange, itulah gelang pengali.

Merah  = 2
Hijau   = 5
X
Orange  = 3 --> 10^3=1000

jadi nilainya adalah: 25x1000=25000 Ohm

Semoga bermanfaat dan salam ringkas!

Related Posts

1 comment

  1. A surgical steel vs titanium-arts
    The blue titanium cerakote surgical steel used on both used ford edge titanium men titanium fitness and women can where is titanium found be considered fallout 76 black titanium a surgical tool. A steel works the same way for men and women as the surgical steel is used.

    ReplyDelete

Post a Comment