Paling Dilihat

Pengertian DCS SCADA Dalam Mekatronika

Post a Comment
Polytron mengunjungi SMTI Yogyakarta pada hari Senin, 30 Oktober 2017 untuk memberikan gambaran tentang kehidupan di industri.

Selain itu juga melakukan pretest. Nah, pada soal esai, ada pertanyaan yang menanyakan begini: 

"Apa yang kamu ketahui tentang DCS SCADA?"

Saat itu aku belum tau, jadinya jawabannya setahu gw lah :v


DCS : Distributed Control System

Biasanya digunakan untuk menangani process industry dengan parameter-parameter analog sebagai input/output.

Memiliki scanning time yang lebih lambat dibanding PLC. Distributed Control System dituntut untuk memiliki kemampuan yang lebih tinggi karena fungsinya yang digunakan sebagai kontroler dalam proses industri yang penting. Memang semua proses industri ada pembagian prioritas.

Biasanya untuk menangani proses yang kompleks, ditangani dengan mengkombinasikan kedua system dimana biasanya PLC dikontrol oleh DCS. PLC menangani proses yang butuh tindakan yang cepat dan biasanya proses digital. Sedangkan DCS mengatur keseluruhan system terasuk PLC tadi.

SCADA : Supervisory Control and Data Acquisition

Supervisory Control and Data Acquisition digunakan untuk dapat mengintegrasikan dan mengkomunikasikan antara sistem kendali. Bukan sebagai kendali proses secara langsung. Supervisory Control and Data Acquisition lebih berfungsi sebagai sistem monitor dan akuisisi data secara terpusat, biasanya berada di level manajemen untuk mengamati hasil proses industri.

Related Posts

Post a Comment